Bisakah Melakukan Tune-Up Mobil Sendiri Di Rumah?


Sekarang ini kebutuhan akan kendaraan pribadi menjadi sebuah prioritas hampir seluruh orang, terutama mobil. Tidak harus selalu membeli mobil baru, jika dana Anda terbatas membeli mobil bekas juga tidak masalah. Sebab meskipun harga mobil bekas  cenderung terjangkau tetapi kualitasnya banyak yang baik dan layak digunakan tanpa banyak perbaikan.

Setelah akhirnya Anda memiliki mobil sendiri, hal yang wajib untuk dilakukan secara rutin adalah melakukan perawatan atau tune-up. Banyak yang melakukan perawatan ini di bengkel, tetapi Anda juga dapat melakukan tune-up mobil di rumah sendiri.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan tune-up mobil:

1. Saringan Udara (Air Filter)

Cara merawat saringan udara adalah dengan mencuci menggunakan air sabun. Setelah dicuci bersih, maka saringan udara harus segera dikeringkan. Namun pastikan bahwa saringan yang Anda gunakan memang bisa digunakan kembali setelah dicuci, dan tetap diganti secara berkala dengan yang baru setelah melewati usia pakainya.

2. Platina

Platina yang digunakan pada mobil harus diperiksa terlebih dahulu sebelum disetel ketika putaran stasioner dan pengapian. Selain itu, celah platina juga akan mempengaruhi putaran stasioner. Oleh karena itu dalam pemasangan platina harus memperhatikan kabel dan dibersihkan terlebih dahulu. 

3. Penyetelan Idle dan Pengapian

Prinsip yang digunakan untuk menyetel pengapian adalah dengan memutar distributor ketika mesin mobil hidup. Hal tersebut dilakukan hingga mendapatkan suara yang dihasilkan mobil lebih halus.

4. Penyetelan Celah Katup

Anda dapat menyetel celah katup pada saat busi belum terpasang. Penyetelan celah katup ketika busi belum terpasang akan lebih mudah dilakukan. Hal tersebut dikarenakan pada saat memutar mencari posisi top kompresi terasa lebih ringan.

5. Accu

Air accu pada mobil harus selalu dipastikan agar cukup sesuai kebutuhan. Dapat dikatakan cukup apabila berada di ketinggian antara garis batas bawah dengan garis batas atas. Namun pengecekan level air aki hanya berlaku untuk pengguna aki basah.

Memang, melakukan tune-up sendiri di rumah bisa dilakukan dengan beberapa hal di atas. Namun, jika Anda merasa tidak yakin bisa melakukannya dengan baik, maka sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel. Sebab perawatan yang salah tidak hanya menyebabkan komponen mesin cepat rusak saja, tetapi juga berisiko menyebabkan sistem kerja mesin tidak maksimal.